Kamis, 31 Mei 2012

PROPOSAL PTK



PROPOSAL
Penelitian Tindakan Kelas


Penggunaan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Berkomunikasi Bahasa Inggris pada Kompetensi Menerima Pemesanan Kamar di Kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 57 Jakarta Tahun 2012





SITI NURBAETI
Guru SMK Negeri 57




Peserta Diklat
Program Keahlian Akomodasi Perhotelan
Tingkat Menengah
Tahun 2012


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Kompetensi Menerima Pemesanan Kamar merupakan kompetensi dasar yang penting bagi siswa SMK Progam Studi Akomodasi Perhotelan,untuk itu kompetensi ini diberikan pada kelas X.Pada kompetensi ini siswa diajarkan dan dilatih bagaimana seorang hotelier menangani pemesanan kamar dengan berkomunikasi bahasa Inggris.  Sehingga diharapkan siswa dapat menguasai kompetensi ini sebelum kompetensi lain yang sangat memerlukan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Dalam kenyataannya siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 57 masih rendah kemampuannya dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Untuk itu akan diupayakan penggunaan metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar.
Metode tutor sebaya digunakan karena metode ini merupakan metode yang menarik dan dapat menumbuhkan keberanian siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Melihat uraian di atas maka peneliti menentukan judul penelitian sebagai berikut: Penggunaan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemapuan Siswa dalam Berkomunikasi Bahasa Inggris pada Kompetensi Menerima Pemesanan Kamar di Kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 57 Jakarta Tahun 2012.

B.     Identifikasi Masalah
1.      Mengapa kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris rendah?
2.      Mengapa kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris perlu ditingkatkan?
3.      Faktor- faktor apa yang menyebabkan kemampuan siswa dalam berkomuikasi bahasa Inggris rendah?
4.      Bagaimana caranya agar kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris   meningkat?
5.      Apakah penggunaan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris?

C.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut,peneliti hanya akan melakukan penelitian terhadap kemampuan siswa kelas X Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 57 dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar. Untuk keberhasilan tujuan penelitian ini,maka peneliti menentukan bahwa objek yang diteliti adalah kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris sebagai Variabel Y dan Metode Tutor Sebaya sebagai Variabel X.
D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi dan pembatasan masalah
tersebut di atas, diajukan rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Apakah penggunaan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar?
2.      Bagaimanakah prosedur metode Tutor Sebaya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar?
E.     Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
a.       Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa.
b.      Untuk menemukan metode Tutor Sebaya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa.
2.      Tujuan Khusus
a.       Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa melalui metode Tutor Sebaya dalam kompetensi Menerima Pemesanan Kamar.
b.      Untuk menemukan prosedur metode Tutor Sebaya yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berkomunikaasi bahasa Inggris siswa dalam kompetensi Menerima Pemesanan Kamar.
F.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat bagi peserta didik/siswa
Adapun manfaat penelitian ini bagi peserta didik/siswa adalah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasai bahasa Inggris dalam kompetensi Menerima Pemesanan Kamar.
2.      Manfaat bagi peneliti
Dengan penelitian ini,diharapkan peneliti dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris dalam kompetensi Menerima Pemesanan Kamar melalui Tutor Sebaya bagi siswa kelas X Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 57 Jakarta.
3.      Manfaat bagi Kepala Sekolah
Diharapkan dengan penelitian ini,dapat meningkatkan mutu lulusan dari SMK Negeri 57 Jakarta.
4.      Manfaat bagi Perpustakaan Sekolah
Menambah referensi bacaan/buku yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah dan dapat dijadikan acuan bagi warga sekolah.


        

BAB II

KAJIAN TEORI DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN

A.    Kajian Teori
1.      Penggunaan Tutor Sebaya
a.       Hakikat Penggunaan
b.      Hakikat Tutor Sebaya
c.       Mengajar dengan Tutor Sebaya
d.      Mengajar dengan metode klasikal/kelompok besar
e.       Mengajar dengan metode kelompok kecil
2.      Meningkatkan Kemampuan dalam berkomunikasi bahasa Inggris
a.       Hakikat Meningkatkan
b.      Hakikat Kemampuan
c.       Meningkatkan Kemampuan dalam berkomunikasi bahasa Inggris
B.     Kerangka Berfikir
Berdasarkan teori yang telah dibahas di atas maka diyakini bahwa dengan penggunaan metode Tutor Sebaya yang efektif akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar. Pelaksanaan metode Tutor Sebaya ini akan efektif apabila didukung oleh beberapa hal, diantaranya keterampilan guru dalam mengajar, sarana pembelajaran yang cukup dan suasana belajar yang mendukung termasuk kerjasama antar siswa.
C.    Hipotesis Tindakan
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir seperti uraian di atas, diajukan hipotesis tindakan sebagai berikut: Melalui Tutor Sebaya dapat meningkatkan Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar bagi siswa kelas X Akomodasi Perhotelan SMK Negeri 57 Jakarta.

           

  










BAB III
METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian
1.      Waktu Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan mulai dari persiapan penyusunan proposal pada bulan Agustus  minggu pertama,dilanjutkan pada penyusunan instrumen, pengumpulan data, melakukan analisis data, pembahasan dan menyusun laporan hasil penelitian.
2.      Alasan Waktu Pelaksanaan Penelitian
Penelitian dilaksanakan mulai pada bulan Agustus minggu pertama, karena pada saat itu proses belajar mengajar bagi kelas X telah berjalan kurang lebih dua minggu,diharapkan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris siswa sudah bisa diketahui.
3.      Tempat Penelitian
      Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 57 Jakarta pada kelas X program studi Akomodasi Perhotelan, hal ini dikarenakan peneliti adalah guru kompetensi Menerima Pemesanan Kamar di sekolah tersebut.

B.     Subyek dan Obyek Penelitian
Subyek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas X Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 57 Jakarta, karena di kelas ini banyak siswa yang kemampuannya dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris rendah.
C.    Sumber Data
       Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari subyek dan obyek penelitian di kelas X SMK Negeri 57 Jakarta.

D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data
         Dalam penelitian ini data akan dikumpulkan dengan teknik:
1.      Observasi, yaitu dengan mengamati perilaku siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan Lembar  Observasi dan Catatan Lapangan. Lembar observasi yang digunakan terdiri dari lembar observasi pembelajaran dan lembar observasi perilaku siswa.
2.      Angket, yaitu angket yang harus dijawab siswa dengan tujuan untuk menjaring pendapat siswa terhadap pembelajaran/pembimbingan dan supervisi.
3.      Wawancara, siswa diwawancarai berdasarkan pedoman wawancara yang telah dibuat sebelumya.
4.      Tes, yaitu untuk mengukur prestasi belajar siswa tiap siklus.
E.     Validasi Data
F.     Analisis Data
       Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dikelompokkan dan diringkas sesuai lingkupnya.
Tiap kelompok data diberikan komentar dengan cara analisis pembandingan dengan teori yang telah dituliskan dan diberi kesimpulan atas hasil pembandingan tersebut untuk mengetahui keberhasilan pencapaian tujuan penelitian.
Penelitian dianggap selesai apabila telah mencapai indikator keberhasilan sebagai berikut:
1.      Delapan puluh persen siswa aktif mengikuti pelajaran
2.      Semua siswa mencapai nilai di atas KKM yang telah ditentukan
3.      Semua siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris pada kompetensi Menerima Pemesanan Kamar
G.    Proses Tindakan
Penelitian ini dilakukan melalui beberapa proses tindakan,dimana setiap tindakan akan dilakukan minimal dalam dua siklus.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda